Musrenbang : Infrastruktur Mendominasi Usulan Prioritas

Kuala Kapuas – Kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Kapuas tahun 2019 juga diikuti para anggota DPRD Kapuas perwakilan masing-masing daerah pemilihan (dapil).

Sepertihalnya kegiatan musrenbang yang dilaksanakan baru-baru ini di Kecamatan Basarang, dimana kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kapuas Algrin Gasan bersama Wakil Ketua I DPRD Kapuas Robert L Gerung dan beberapa anggota DPRD asal daerah pemilihan setempat.

Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan, mengatakan, hasil finalisasi musrenbang di Kecamatan Basarang bahwa prioritas usulan di dominasi infrastruktur jalan dan jembatan penghubung antar desa. Selain itu usulan bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian secara umum.

Sedangkan realisasi hasil musrenbang tahun sebelumnya mencapai 67 % atau 87 program kegiatan yang sudah dianggarkan oleh DPRD Kapuas yang masuk APBD tahun 2019 untuk desaidesa di wilayah Kecamatan Basarang. “Sedangkan untuk perbaikan peningkatan jalan dalam desa bisa melalui program Dana Desa dan ADD,” kata Algrin Gasan yang berasal dari daerah pemilihan Basarang.

Camat Basarang, Aswan, dalam laporannya pada kegiatan musrenbang mengungkapkan, pelaksanaan musrenbang Kecamatan Basarang Tahun 2019 didasari dengan Surat Bupati Kapuas No. 53/BAPP/B-VI/065/I/2019, Tanggal 28 Januari 2019.

Ada pun jumlah kegiatan pembangunan yang dihimpun dari hasil musrenbang desa sebanyak 696 usulan kegiatan, yang terdiri dari 170 usulan sumber dana APBD/APBN dan 526 usulan sumber dana ADD/DD.